Prodi Teknologi Pangan Selenggarakan Kuliah Umum Secara Hybrid

Auditorium Fakultas Pertanian Untirta kembali menjadi aktif karena menjadi lokasi dilaksanakannya kuliah umum Program Studi Teknologi Pangan pada hari Selasa, 28 September 2021. Ruangan yang berlokasi di lantai 4 gedung Fakultas Pertanian kampus Sindangsari ini dihadiri Wakil Dekan Fakultas Pertanian, yakni Dr. Yudi Salampessy dan Dr.nat.techn. Weksi Budiaji, Kaprodi Teknologi Pangan, Dr. Fitria Riany Eris, para dosen, staf, dan perwakilan mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan sebagai peserta kuliah umum dengan tema “Healthy Individuals, Resilient Communities, and Global Food Securities : Diabetic Food.”


Rektor Untirta, Prof. Dr. Fatah Sulaiman, MT., secara daring memberikan sambutan dan membuka acara tersebut. Selanjutnya kegiatan diskusi panel dimoderatori oleh Tubagus Bahtiar Rusbana, S.TP., M.Si., Ph.D. Narasumber yang pertama adalah peneliti dari BPTP Banten, Syahrizal Muttakin, S.TP., M.Sc., Ph.D. Beliau menyampaikan materi dengan tema “Engineering Approaches to Food Digestion.” Penelitian beliau menerangkan bagaimana nasi dicerna dengan beragam alat yang menyerupai proses yang terjadi di dalam saluran pencernaan manusia serta melihat perubahannya ketika nasi tersebut diberikan bahan tambahan.


Narasumber yang kedua adalah Dr. Mohamad Ana Syabana, M.Si., Dosen Program Studi Teknologi Pangan. Tema yang disampaikan oleh beliau bertajuk “Antidiabetic Food Analysis : in Vitro, in Vivo, and in Silico.” Pemaparan beliau menerangkan tentang beragam metode pendekatan yang digunakan untuk menemukan pangan fungsional yang dapat bermanfaat sebagai antidiabetes.


Penanya dari mahasiswa baik yang berada secara luring maupun daring memicu diskusi yang hangat dan bermanfaat. Acara pun ditutup dengan pemberian sertifikat dan plakat kepada narasumber oleh Dr. Yudi Salampessy dan Dr.nat.techn. Weksi Budiaji selaku Wakil Dekan Fakultas Pertanian.


Harapannya kegiatan seperti ini dapat terselenggara secara rutin serta menambah wawasan dan khasanah keilmuan bagi civitas akademika Progam Studi Teknologi Pangan. Selain itu, kegiatan kuliah umum yang dilaksanakan secara Hybrid ini menjadi salah satu capaian bahwa Fakultas Pertanian telah bersiap untuk menuju perkuliahan Hybrid di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *