Mantan Menteri Pertanian Berikan Talkshow Kepada Mahasiswa Teknologi Pangan Untirta

Program Studi Teknologi Pangan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa kedatangan tamu spesial yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda yang ke-91 pada hari Senin, 28 Oktober 2019 ini. Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia tahun 2019, mahasiswa Teknologi Pangan Untirta angkatan 2018 dan 2019 mengadakan kegiatan Talkshow dengan tema “Mengaplikasikan Kepedulian Pangan dan Meningkatkan Apresiasi Terhadap Pangan Lokal”. Narasumber kegiatan ini yakni Dr. Ir. Anton Apriyantono, MS., beliau pernah menjabat Menteri Pertanian Republik Indonesia pada periode tahun 2004-2009 lalu. Dengan membawa kendaraan sendiri, beliau hadir beberapa menit menjelang pukul 09.00 WIB di Aula D3 Keperawatan Untirta.

Acara diawali dengan menyanyikan beberapa lagu nasional seperti Indonesia Raya dan Padamu Negeri. Dalam sambutannya, Dr. Fitria Riany Eris menceritakan tentang kondisi Prodi Teknologi Pangan Untirta sekaligus memperkenalkan secara singkat siapa narasumber yang hadir. Setelah itu, Dr. Susiyanti, sebagai Wakil Dekan I Faperta Untirta memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan bermanfaat ini.

Dr. Anton Apriyantono selain aktif sebagai Dosen di Universitas Bakrie juga masih aktif di berbagai perusahaan dan organisasi ternama. Beliau pun dipersilakan untuk menyampaikan materi dengan dimoderatori oleh Rifqi Ahmad Riyanto, M.Sc. Materi dimulai dengan pemaparan tentang konsep ketahanan pangan, keadaan pertanian Indonesia saat ini, perkembangan pertanian dunia hingga permasalahan khusus di bidang teknologi pangan. “Untuk dapat menjadi seorang teknolog pangan yang mumpuni, kita tidak hanya bisa dengan menguasai ilmu biologi, mikrobiologi atau kimia saja, namun kita juga memerlukan kemampuan engineering (teknik atau rekayasa),” ungkap beliau memberikan motivasi kepada para mahasiswa Prodi Teknologi Pangan.

Seusai pemaparan materi, mahasiswa pun dengan antusias memberikan beragam pertanyaan menarik seperti yang berkenaan dengan hak kekayaan intelektual dan lumbung pangan dunia. Acara pun diakhiri dengan pemberian plakat serta foto bersama seluruh dosen, panitia dan mahasiswa. Beliau berharap Prodi Teknologi Pangan Untirta dapat memberikan ciri khas sehingga menjadi unggul dan mampu mengglobalkan pangan lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *